Minggu, 27 Maret 2016

DKP Menjadi pelopor gedung pemerintahaan dengan konsep green building

KONSEP green building memang banyak didengungkan di banyak kota, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Seiring dengan perkembangan zaman, kadang membuat manusia tidak care dengan lingkungan dan lebih suka dengan kegiatan yang konsumtif. Padahal, terus konsumtif pada sumber daya alam (SDA) yang tak terbarukan bisa membahayakan bagi kebidupan generasimendatang.
“Salah satu sumber daya tak terbarukan yang sampai saat ini kita pakai adalah listrik. Nah, karena listrik juga kebutuhan yang sangat penting, kami mencoba mencari sumber energi terbarukan. Salah satunya adalah tenaga surya,” ucap Kepala DKP Kota Surabaya Chalid Bukhari kepada Radar Surabaya, akhir pekan ini.
Itulah sebabnya, DKP ingin mulai menggunakan tenaga surya untuk menyuplai daya yang dipakai sehari-hari dikantor. Panel surya tersebut kini sudah terpasang di depan kantor DKP Jalan Raya Menur No 31. Panel yang sudah terpasang kini mememiliki daya sebesar 3.000 watt. Memang daya tersebut masih belum bisa mencukupi kebutuhan daya yang di seluruh kantor DKP. Akan tetapi, adanya produksi daya dari panel surya tersebut cukup mengurangi pemakaian daya listrik dari PLN. http://any.web.id/isle-de-jean-charles-kota-kecil-di-amerika-yang-menunggu-untuk-tenggelam.info
“Kalau sekarang ini penggunaannya listriknya masih mix antara PLN dengan yang dari panel surya. Ke depannya, kami inginnya bisa semua pakai daya dari solar cell ,” imbuh Chalid. Lebih lanjut, menurut- nya, kebutuhan daya total gedung kantor DKP adalah sebesar 60 ribuwatt. Oleh sebab itu, ke depan pembangunan panel surya ini akan ditambah secara bertahap. Targetnya, panel surya ini akan dibangun sampai 15 ribu watt dulu.
Sejauh ini, untuk mewujudkan bangunan berkonsep green memang belum banyak dilakukan, teru- tama yang menggunakan tenaga surya. Padahal, menurutnya, denganmenggunakan energi surya maka akan banyak yang didapatkan. Yang utama adalah sumber produksi listriknya menggunakan sumber daya alam yang melimpah keberadaannya, yaitu sinar matahari. “Kalau malam juga masih bisa dipakai karena saat siang juga charging dan energinya bisa disimpan di baterai,” jelas Chalid.

Sumber: radar surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar