Minggu, 27 Maret 2016

Tips-Tips dalam membuat Kolam Minimalis

Gemericik air ternyata masih menjadi dambaan masyarakat perkotaan untuk hidup alami. Kini desain taman tampil baru, tidak lagi banyak berlekuk menonjolkan relief. Desain sangat simple , masih berkesan alami dengan penggunaan material alam dengan Berbeda dengan kolam gaya tropis dengan berbagai tambahan tanaman yang rimbun, justru kolam minimalis menonjolkan keheningan visual dan suara air mengalir serta kualitas finishing dari penggunaan bahan.
Perencanaan  kolam minimalis  terkait dengan aliran air. Untuk menjaga agar air tidak cepat kotor, penyaring atau filter menjadi penting. Filter buatan pabrik dapat dibeli di toko-toko peralatan taman. Jika ingin membuat sendiri, filter dapat dibuat dari ijuk, pasir dan kerikil ataupun zeolit yang banyak terdapat di toko peralatan taman. Sistem kerja filter yang baik akan menjaga kebersihan kolam, walaupun terkadang taman minimalis tidak berisi komunitas ikan dan tumbuhan air tawar.
Untuk saluran biasanya digunakan digunakan pipa paralon atau PVC. Biasanya pipa PVC memiliki berbagai kelengkapan model sambungan sehingga dapat dibuat instalasi yang sesuai. Ukuran pipa relatif tergantung dengan debit air dan ukuran pompa Jika aliran  cukup besar, gunakan kurang lebih 4 inci. http://harga.web.id/komponen-biaya-membuat-kolam-renang-outdoor-mini.info
Aksesoris pemanis taman dapat berupa gentong, dan  pot. Gentong-gentong   dapat dimodifikasi dengan pancuran sekaligus menjadi point of interest dalam taman. Untuk menjaga agar gentong atau aksesoris tanah liat serta keramik tidak berlumut dapat dilapisi dengan pernis sebelum dipasang. Biasanya terdapat tambahan lighting dalam gentong-gentong tersebut.
Batu alam biasanya dipergunakan sebagai stepping stone maupun pemanis. Biasanya cenderung memiliki warna dan tekstur yang berbeda. Selain itu dapat pula dipasang di dinding  . Ukurannya pun cukup beragam dan perlu dipoles ataupun dicoating terlebih dahulu agar tekstur lebih kelihatan dan tidak berlumut.
Untuk bak biasanya dibentuk dengan keahlian tukang taman. Namun kini cukup banyak bak fiberglass yang dipergunakan, karena terbuat dari bahan resin. Kelebihannya bak ini tidak mudah bocor.
Selain komposisi dari keseluruhan elemen di atas, gaya taman dan tema ini merupakan hal yang patut dipertimbangkan untuk tampilan yang serasi dengan hunian minimalis.

sumber: radar Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar